DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

MAKNA DAN ARTI LOGO

Beranda » Tentang Dewan Energi Nasional

 
Logogram/Logomark
Lingkaran oval tersusun dari garis-garis optis adalah visualisasi berupa tanda-tanda visual (ikonik & simbolik) yang disepakati bersama, merupakan citra identitas diri (self identity image), yang dapat mencerminkan kepribadian, potensi, dan aspirasi suatu lembaga.

Logotype/Wordmark
Merupakan penamaan lembaga yang berkaitan dengan identitas kepemilikan (proprietary), dinyatakan dalam teks atau kata-kata dan secara bentuk teks disesuaikan dengan visualnya (Logogram/Logomark) sehingga menjadi satu kesatuan logo.
 
Lingkaran oval tersusun dari garis-garis optis
Visualisasi logo bersifat ikonik, berupa bunga matahari dimana bentuk dasarnya terdiri dari garis-garis optis yg tersusun secara geometris membentuk lingkaran penuh, kemudian lingkaran tersebut didistorsi sehingga membentuk lingkaran oval (lonjong) agar memiliki kesan gerak dan perspektif (dari 2D menjadi 3D).

Secara visual, bunga matahari (optik ilusi garis) ini adalah untuk memberikan kesan gerak terus menerus pada logo, dengan demikian logo menjadi unik dan berbeda dengan logo yang lainnya. Selain itu logo seolah-olah  berdimensi.

Bentuk Logogram/Logomark secara sekilas berkesan bunga matahari, berbentuk lingkaran oval  yang tersusun dari bidang garis-optis bersifat ikonik (mudah dikenali) dan  lingkaran (simbolik) merupakan pemaknaan dari pengusahaan dan pemanfaatan “ENERGI” di alam semesta terus menerus dan berkelanjutan secara arif dan bijaksana digunakan untuk keberlanjutan hidup umat manusia. Hal tersebut di atas sejalan dengan Visi dan Misi DEN. 

           

© 2016 - 2017 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.