Lampaui Target Nasional, Eri Apresiasi Capaian EBT Provinsi Jawa Barat

Bandung, 25/3/2024. Dewan Energi Nasional (DEN) yang diwakili oleh Eri Purnomohadi Anggota DEN dari kalangan konsumen menjadi narasumber dalam acara Silaturahmi dan Buka Bersama antara Kadin Jawa Barat dengan Kadin Kab/Kota se-Jawa Barat dan Asosiasi ALB Kadin Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Kadin Jawa Barat. Pada kesempatan ini, hadir juga Ketua Umum Kadin Jabar, Cucu Sutara, Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jabar, Agung 

Suryamal, Ketua Dewan Penasehat, Yayat Priatna serta para Wakil Ketua Kadin.

Eri Purnomohadi menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah berkomitmen untuk melakukan penurunan emisi gas rumah kaca dengan mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060 atau lebih cepat, arah kebijakan energi nasional ke depan memprioritaskan transisi menuju energi yang lebih bersih, minim emisi, dan ramah lingkungan melalui optimalisasi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Eri juga mengapresiasi capaian bauran EBT Provinsi Jawa Barat tahun 2022 yang telah melampaui target, yaitu sebesar 25,81 persen dari target nasional yaitu 23 persen pada tahun 2025.

Provinsi Jawa Barat memiliki potensi energi baru terbarukan yang sangat besar dan perlu dioptimalkan. Provinsi Jawa Barat saat ini telah memiliki PLTS Terapung terbesar di Indonesia, yaitu PLTS Terapung Cirata 192 MWp di Kabupaten Purwakarta. “PLTS ini adalah salah satu contoh proyek energi terbarukan yang penting di Indonesia, karena mencerminkan transisi energi menuju sumber energi bersih dan berkelanjutan dalam upaya mengatasi perubahan iklim dan masalah lingkungan”, tegas Eri.

Di akhir kesempatan, Eri menyampaikan bahwa Kadin Jawa Barat memiliki peran sentral dan penting dalam memanfaatkan peluang-peluang pengembangan EBT kedepannya, terutama di Provinsi Jawa Barat. “DEN dalam hal ini terbuka terhadap masukan serta elaborasi terhadap pengembangan energi kedepannya untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional, tutupnya. (Teks: AM, Grafis: OT, Editor:YS)

Bagikan ini