DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Pola BBM Subsidi Tertutup Agar Tepat Sasaran

16 Agustus 2022 Berita

Jakarta, 15/8/2022. Anggota DEN Satya Widya Yudha menyampaikan strategi merubah pola subsidi BBM dari komoditas ke pola distribusi tertutup agar tepat sasaran merupakan perlindungan bagi masyarakat yang tidak berkecukupan atau berhak menerima dan untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Kita harus sadari subsidi BBM saat ini pada komoditas. Untuk perbaikan ke depan subsidi BBM secara langsung kepada orang yang berhak,” tutur Satya yang merupakan Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan Industri pada Sapa Indonesia Malam Kompas TV.

Lebih lanjut, program dengan tajuk Sinyal Harga Pertalite dan Solar Akan Naik? Satya menegaskan penerapan pola subsidi tepat sasaran tidak mudah, namun perubahan subisidi komoditas kepada masyarakat yang membutuhkan merupakan langkah yang sangat baik.

“Masyarakat bisa benar-benar menerima dan merasakan subsidinya. Jika dengan pola komoditas, permasalahan tidak tepat sasarannya tinggi,” ujar pria lulusan Cranfield University dan Oxford University, Inggris. 

Menurut pria yang pernah menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI ini, sistem distribusi menjadi sangat penting supaya subsidi tepat sasaran. “Subsidi tidak terbendung dari angka yang ditetapkan sebelumnya, terutama karena adanya Covid-19. Maka perlu ditata.”

Tambah Satya, pola subsidi BBM saat ini lebih kepada komoditas, untuk itu ke depan perlu ada perbaikan pola subsidi BBM kepada masyarakat yang berhak agar lebih tepat sasaran. 

“Jadi apabila itu bisa diatasi, maka keuangan negara terjaga. Orang yang membutuhkan subsidi, mendapatkannya atau targeted,” pungkasnya. (Teks: TR, Grafis: MB, Editor: DR).

Bagikan berita ini


© 2016 - 2022 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.