Neraca Energi 2023

Sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 258 Tahun 2021 tentang RENSTRA DEN Tahun 2021-2025, salah satu program kegiatannya adalah menyusun analisis neraca energi nasional. Disamping itu analisis neraca energi nasional merupakan bagian dari tugas dan fungsi Sekretariat Jenderal DEN yang dibahas bersama dengan Anggota Pemangku Kepentingan DEN. Penyusunan analisis neraca energi nasional dilakukan untuk memberikan informasi tentang neraca energi tahun 2022 dan perkembangan pasokan kebutuhan energi nasional dalam waktu 5 tahun (2017-2022).

Pemenuhan kebutuhan energi harus diimbangi dengan ketersediaan energi secara tepat, terintegrasi, dan berkesinambungan agar dapat memperlancar aktivitas di semua sektor pengguna energi. Kesetimbangan antara pasokan energi dan kebutuhan energi perlu dianalisis agar dapat memberikan gambaran jenis sumber energi yang tersedia dan dibutuhkan. Keseimbangan pasokan dan kebutuhan tersebut digambarkan dalam Neraca Energi.

Neraca energi adalah gambaran keseimbangan antara pasokan berbagai sumber energi dan penggunaan energi dalam periode tertentu (Pasal 20 Huruf C, UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi). Dalam Neraca Energi seluruh konsumsi energi harus dapat dipenuhi dari penyediaan energi, baik berasal dari produksi sendiri maupun dari impor.

Buku Laporan Neraca Energi Nasional 2022

Sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 258 Tahun 2021 tentang RENSTRA DEN Tahun 2021-2025, salah satu program kegiatannya adalah menyusun analisis neraca energi nasional. Di samping itu analisis neraca energi nasional merupakan bagian dari tugas dan fungsi Sekretariat Jenderal DEN yang dibahas bersama dengan Anggota Pemangku Kepentingan DEN. Penyusunan analisis neraca energi nasional dilakukan untuk memberikan informasi tentang neraca energi tahun 2021 dan perkembangan pasokan kebutuhan energi nasional dalam waktu 5 tahun (2016-2021).

Pemenuhan kebutuhan energi harus diimbangi dengan ketersediaan energi secara tepat, terintegrasi, dan berkesinambungan agar dapat memperlancar aktivitas di semua sektor pengguna energi. Kesetimbangan antara pasokan energi dan kebutuhan energi perlu dianalisis agar dapat memberikan gambaran jenis sumber energi yang tersedia dan dibutuhkan. Keseimbangan pasokan dan kebutuhan tersebut digambarkan dalam Neraca Energi.

Neraca energi adalah gambaran keseimbangan antara pasokan berbagai sumber energi dan penggunaan energi dalam periode tertentu (Pasal 20 Huruf C, UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi). Dalam Neraca Energi seluruh konsumsi energi harus dapat dipenuhi dari penyediaan energi, baik berasal dari produksi sendiri maupun dari impor.